Cara Mencegah Penyakit Serangan Jantung

By | September 8, 2015

Cara Mencegah Penyakit Serangan Jantung

serangan jantungInilah 10 cara sederhana dan tidak memerlukan biaya tinggi untuk mencegah serangan jantung.

1. Sarapan Bubur Gandum

Gandum mengandung banyak serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa menyebabkan sakit jantung, karena bubur gandum mengandung beta-glucan. Bentuknya seperti gel pasti yang bisa mengikat kolesterol dalam usus dan bisa mencegah penyerapan ke dalam aliran darah.

2. Bersihkan Gigi Secara Teratur

Bakteri penyebab kerusakan gigi diyakini bisa memicu peradangan yang dikaitkan dengan sakit jantung, karena sakit pada gusi dikaitkan dengan pengerasan arteri dan serangan pada jantung.

Menyikat gigi secara teratur dan membersihkan dengan benang gigi (untuk menghilangkan sisa makanan yang terjebak diantara gigi).

-Baca juga : Green World Indonesia

3. Bercinta Dua Kali Dalam Seminggu

Pria yang melakukan hubungan seksual minimal 2 kali dalam seminggu akan 45 persen lebih rendah terserang penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang melakukan sekali sebulan atau bahkan kurang. Menurut ahli jantung Dr Aseem Malhotra ini mungkin karena manfaat fisik dan emosional serta pengurangan stres karena seks.

4. Pakai Masker Tidur

Serangan jantung dan bahkan kematian lebih besar kemungkinan terjadinya pada seseorang yang kurang tidur. Pakailah masker tidur dan tidurlah di kamar yang gelap, karena cahaya dapat menekan produksi hormon tidur yaitu malatonin.

5. Kurangi Gula

Gula bisa menjadi kontributor besar untuk tekanan darah tinggi menurut studi di Amerika pada tahun 2014 lalu. Seorang ilmuan, Dr James DiNicolantonio yang melakukan penelitian kardiovaskular di St Luke Mid Amerika Heart Institude mengatakan bahwa “Mandorong konsumen untuk mengatakan tidak pada gula, bukan garam, mungkin strategi diet yang lebih baik untuk mencapai kontrol tekanan darah”.

– Baca Juga :Green World Global 

6. Liburan Ke Tempat Yang Cerah

Teratur berlibur bisa mengurangi sepertiga resiko kematian akibat penyakit serangan jantung, kata peneliti di University of Pittsburgh, Amerika, dan akan beruntung seseorang yang suka berlibur ke tempat yang cerah. Karena sinar matahari mengubah kadar oksida nitrat yang bisa meregangkan pembuluh darah dan membantu turunnya tekanan darah seperti yang ditemukan ilmuan di universitas di Southampton dan Edinburgh.

7. Konsumsi Semangkuk Yoghurt

Menurut studi dari Institut Kesehatan Griffith & School of Medicine di negri kangguru Australia, dosis harian “bakteri baik” atau prebiotik dari yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ada satu teori yang mengatakan bahwa bakteri “baik” melawan proses inlamasi terkait dengan penyakit jantung.

Baca Juga : Obat Herbal Jantung

8. Tonton Film Komedi Dengan Teman

Beberapa studi sudah sering kali menunjukan bawha tertawa memiliki efek penghilang stres yang bisa mengurangi resiko dari penyakit jantung, dan tertawa bisa meningkatkan aliran darah dengan lebih dari 20 persen.

9. Jangan Tunda Buang Air Kecil

Di taiwan pernah dilakukan studi terhadap orang dengan penyakit jantung dini yang hasilnya adalah kandung kemih yang terlalu penuh dapat menyebabkan jantung anda berdetak lebih cepat dan memberikan tekanan yang sebetulnya tidak perlu pada arteri koroner, memicu mereka untuk berkontraksi.

10. Jangan Duduk Lama-Lama

Resiko sakit jantung, diabetes dan kanker meningkat 40% kalau anda duduk selama 8 jam sehari menurut penelitian. Jadi usahakanlah jangan duduk lebih dari 4 jam, coba sesekali berdiri kata John Buckley, seorang profesor ilmu olahraga terapan di Chester Universiti. Duduk yang baik itu maksimal dua jam dan diselingi dengan berdiri 30 menit, begitu seperti dikutip dari Daily Mail.

– Baca juga tentang Obat Tradisional Jantung BengkakObat Tradisional Jantung Koroner dan Obat Tradisional Jantung Lemah

.

Tinggalkan Balasan